Studi Kasus

Komunikasi Publik
ID COMM menerapkan pendekatan multifaset dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan termasuk pembuat kebijakan, pemerintah, organisasi masyarakat sipil, kelompok masyarakat, media, mitra pembangunan internasional, dan organisasi dunia. ID COMM mendukung para pemangku kepentingan dalam merancang dan melaksanakan strategi yang memajukan kesejahteraan bersama dan tujuan nasional, melalui kebijakan yang efektif dan advokasi publik yang sejalan dengan prioritas nasional dan mendorong pembentukan konsensus.
Mempercepat Vaksinasi COVID-19 untuk Kelompok Rentan di Indonesia
Pada tahun 2022, Kemitraan Keamanan Kesehatan Australia-Indonesia (AIHSP) mempercayakan ID COMM untuk melakukan pelibatan media dan komunitas dalam komunikasi risiko terkait peluncuran vaksin COVID-19 dan tindakan pencegahan untuk memperluas akses bagi lanjut usia dan penyandang disabilitas di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Bali, dan Yogyakarta…
Memengaruhi Norma Gender untuk Indonesia yang Lebih Baik
Inisiatif Investing in Women (IW) dari pemerintah Australia bertujuan untuk membentuk kembali persepsi dan perilaku masyarakat guna mencapai kesetaraan gender. IW melibatkan ID COMM untuk melaksanakan komunikasi perubahan perilaku inovatif dalam rangka mengubah norma gender di Indonesia, guna mendorong pemberdayaan ekonomi dan pembangunan…
Memperkuat Narasi untuk Aksi Iklim
Fokus utama dari Development Dialogue Asia (DDA) adalah mitigasi perubahan iklim, yang bertujuan untuk memengaruhi pembuat kebijakan Indonesia dan masyarakat sipil. ID COMM telah ditunjuk sebagai bagian dari proyek untuk meningkatkan komunikasi kelompok masyarakat sipil dan memperluas kehadiran mereka di berbagai saluran.
Implementasi EMIS 4.0 dengan Manajemen Perubahan Efektif
Tidak seperti kerja ID COMM pada umumnya di seputar strategi komunikasi dan kehumasan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama mempercayakan ID COMM untuk menjadi Tim Konsultan Manajemen Perubahan terkait adopsi dan tata kelola Sistem Manajemen Informasi Pendidikan (EMIS) 4.0 yang lebih baik. Perubahan didorong oleh ID COMM dari…
Forum Tri Hita Karana tentang Pembangunan Berkelanjutan: Pengetahuan Masa Depan dan Keuangan Campuran
Pada KTT G20 tahun 2022, strategi komunikasi ID COMM membantu Forum Tri Hita Karana memposisikan diri sebagai inisiatif strategis. Pendekatan tersebut menghasilkan peningkatan signifikan dalam hal diskusi mengenai pembangunan berkelanjutan. Pendekatan ID COMM meningkatkan dampak Forum melalui perpaduan penggunaan saluran media sosial dan media…
Pahlawan Lansia SIAP
Kolaborasi ID COMM dalam kampanye 'Pahlawan Lansia SIAP' bersama JHCCP dan USAID telah merevolusi penjangkauan vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Pendekatan strategis ini tidak hanya mengedukasi ribuan lansia, tetapi juga secara signifikan meningkatkan kepercayaan dan penerimaan vaksin di kalangan mereka. Inisiatif berpotensi menjadi tolok ukur…
Olah Raga Tanpa Batas
Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menunjuk ID COMM sebagai mitra hubungan masyarakat untuk mengembangkan strategi sosialisasi guna mendorong penyandang disabilitas berolahraga lebih banyak untuk menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19.
Memperkuat Perlindungan Sosial di Indonesia melalui Dana Perwalian Multi-Donor COVID-19 dan Dana Bersama SDGs UNICEF
Ditunjuk oleh UNICEF, ID COMM dipercaya untuk menangani program komunikasi untuk Dana Perwalian Multi-Donor COVID-19 dari PBB dan Dana Bersama untuk SDGs. Keahlian ID COMM dalam menerjemahkan kebutuhan organisasi-organisasi PBB menjadi strategi yang berdampak, menjadi salah satu kunci sukses adopsi perlindungan sosial yang inklusif dan adaptif di…
Menstrategikan Saluran Komunikasi SVLK yang Efektif
Auditor tata kelola hutan yang berbasis di Inggris, Multi-Stakeholder Forestry Program 4 (MFP4), menunjuk ID COMM sebagai Agen Komunikasi organisasi untuk melakukan audit komunikasi mengenai persepsi dan pengalaman pemangku kepentingan terkait sektor kehutanan di Indonesia terhadap Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) MFP4. ID COMM merancang…