TANTANGAN
Forum Tri Hita Karana (THK) adalah platform berpengaruh yang menghubungkan pemangku kepentingan publik, swasta, dan sipil global dan lokal dengan tujuan bersama untuk mendorong dampak bagi aksi iklim dan SDGs. Diluncurkan pada tahun 2013, misi Forum THK adalah untuk mempercepat aksi global dan kolektif untuk inisiatif perubahan sistem berdampak tinggi dengan fokus pada harmoni antara manusia, planet, dan spiritual. Forum THK diselenggarakan di bawah patronase kehormatan Presiden Indonesia dengan dukungan Pemerintah Indonesia dan didukung oleh jaringan mitra internasional strategis, International Chamber of Commerce, UN Sustainable Development Solutions Network, BSDC Global Blended Finance Taskforce, World Bank, IMF, OECD, World Economic Forum, dan lainnya.
STRATEGI
Forum THK yang bertema “Pengetahuan Masa Depan dan Keuangan Campuran” menekankan peran penting keuangan katalitik dan inovasi teknologi dalam membuka solusi perubahan sistem transformasional untuk mempercepat transisi menuju pemulihan yang berkelanjutan dan inklusif untuk Indonesia, wilayah, dan dunia. Forum THK diadakan sebagai side event dari KTT Pemimpin G20 2022 di Bali. Untuk memastikan publikasi seputar acara, ID COMM ditunjuk sebagai mitra public relations untuk mendukung pengaturan hubungan media dan kehadiran media sosial di platform digital Forum THK.
KELUARAN
Beberapa rilis pers disebarluaskan kepada media, masing-masing berkaitan dengan sub-tema berbeda dari Forum THK. Secara total, sepuluh rilis pers didistribusikan tentang topik seperti dana target USD 30 miliar dari keuangan campuran, Puncak Pengetahuan Masa Depan THK, dialog antara Nadiem Makarim dan Elon Musk, kesepakatan PLN dengan Amazon untuk proyek solar 210 MW di Indonesia, dan Ocean 20. Total liputan dari distribusi rilis pers mencakup 503 artikel, terdiri dari media lokal, nasional, dan internasional. Sementara itu, ID COMM mendukung Forum THK untuk aktivasi media sosial dengan memproduksi enam konten untuk cerita Instagram dan sepuluh posting konten yang dipantulkan ke Instagram, Facebook, dan Twitter. Antara 13 hingga 30 November 2022, konten keseluruhan yang dibuat selama acara utama di Bali menghasilkan 561 interaksi/engagement, menjangkau 577.722 orang, dan potensial dilihat (impression) sebanyak 7.781 kali. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial telah menjadi saluran komunikasi yang kuat untuk menyebarkan pesan-pesan mengenai pembangunan berkelanjutan, terutama selama acara utama Forum Tri Hita Karana pada 13-18 November 2022, “Pengetahuan Masa Depan dan Keuangan Campuran untuk Bisnis dan Dunia yang Lebih Baik.” Platform media sosial utama, yaitu Instagram, Facebook, dan Twitter milik THK Forum, secara efektif mencapai audiens dan pemangku kepentingan seperti pemerintah, ahli, organisasi pembangunan, institusi pendidikan, dan pemangku kepentingan bisnis.